Rabu, 21 November 2012

Julukan Negara di Berbagai Dunia


Zamrud Khatulistiwa (Indonesia)
Indonesia adalah satu-satunya negara kepulauan terbesar yang dilalui garis khatulistiwa atau garis ekuator. Secara geografis, Indonesia terletak pada koordinat 6 LS – 11 LU. Ada sebuah kota yang tepat dilalui oleh garis khatulistiwa yaitu ibukota Provinsi Kalimantan Barat, Kota Pontianak. Karena keistimewaan tersebut, dibangunlah Tugu Khatulistiwa di Kota Pontianak. Sebagian besar wilayah Indonesia (Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Papua) didominasi oleh hutan tropis dan lahan pertanian. Jika dilihat dari udara, kepulauan Indonesia jelas sekali terlihat berwarna hijau. Julukan Zamrud Khatulistiwa menggambarkan negara Indonesia sebagai sebuah negara yang sangat indah, seperti batu zamrud yang menghiasi Khatulistiwa.

Tirai Bambu (Cina)
Tanaman bambu Cina (Bambusa multiplex) terkenal dengan kualitasnya yang sampai sekarang masih menjadi yang terbaik se-dunia. Bambu Cina sangat kuat dan tidak mudah dipatahkan. Ada kisah unik tentang bambu Cina. Konon, petani bambu Cina harus menyiram bibit bambu Cina yang ditaruh di dalam pot-pot setiap pagi sebelum matahari terbit dan sore hari sesudah matahari terbenam. Selama 6 tahun pertama, setiap hari, penyiraman harus dilakukan dengan setia, kalau tidak maka tanaman ini tidak akan pernah tumbuh dan pasti mati. Jadi tidak ada hari-hari absen untuk menyiram atau tanaman ini akan mati dan tidak pernah tumbuh.
Maka si petani ini melakukan kewajibannya dengan setia selama 6 tahun pertama kehidupan si tanaman bambu Cina. Ia mengasihi tanaman ini dan sungguh-sungguh percaya, suatu hari ia akan bangga dengan tanamannya. Bagi orang yang tidak mengerti karakter dari tanaman bambu Cina, tentu akan mengira betapa gilanya si petani bambu Cina ini. Menyiram pot-pot yang tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Memang, tidak ada tanda-tanda kehidupan yang keluar dari pot-pot ini. Selama 6 tahun pertama, tidak ada yang tumbuh yang dapat dilihat dari permukaan tanah di pot tersebut.
Tetapi, sesudah tahun ke-6 berakhir, keluarlah tunas tanaman bambu Cina. Dalam waktu 6 bulan, tanaman bambu Cina ini akan mempunyai ketinggian yang lebih tinggi dari tanaman di sekitarnya. Inilah keindahan dari tanaman bambu Cina. Ia menjulang lebih tinggi dari tanaman disekelilingnya. Disebut tirai adalah karena negara Cina berpaham sosialis sehingga sangat tertutup dengan dunia luar.


Negeri Gajah Putih (Thailand)

Asal-usulnya ada dua versi. Pertama, karena spesies hewan gajah putih endemik di Thailand. Maka dari itu disebut negeri gajah putih. Yang kedua, karena pada jaman dahulu kala, gajah putih dianggap sebagai hewan suci umat buddha thai karena gajah putih adalah kendaraan sidharta gautama saat bertapa di bahan pohon untuk mendapat wahyu.


Negeri Kincir Angin (Belanda)

Awalnya, 70% wilayah belanda adalah laut. Untuk memperbesar wilayahnya, pantai disekeliling wilayah tepi Belanda dikeruk dan dibuat bendungan. Dalam proyek perbesaran wilayah itu, kincir angin memegang peranan penting yakni sebagai alat untuk mengalihkan dan membendung air, juga untuk menangkap dan mengalihkan banyak angin. Dengan adanya perkembangan teknologi kini kincir angin pun fungsinya lebih berkembang antara lain digunakan sebagai salah pembantu dalam bidang pertanian dan industri.
Salah satu tempat di belanda yang terkenal dengan kincir anginnya adalah Kinderdijk. Disini terdapat 19 kincir angin tua (kuno) yang dibangun sekitar tahun 1740, disinilah terdapat jumlah terbesar kincir angin tua di Belanda. Kincir angin di Kinderdijk adalah salah satu tujuan wisata terkenal di Belanda, dan pada tahun 1997 oleh UNESCO dimasukan dalam daftar situs peninggalan bersejarah yang dilindungi. Selain Kinderdijk daerah lain yang juga terdapat kincir angin antara lain di : Drenthe, Friesland, Gelderland, Groningen, Limburg, Noord Brabant, Noord Holland dan Overijssel.

Matahari Terbit (Jepang)

Jepang disebut Nippon atau Nihon dalam bahasa Jepang. Sebutan Nippon sering digunakan dalam urusan resmi, termasuk nama negara dalam uang Jepang, prangko, dan pertandingan olahraga internasional. Sementara itu, sebutan Nihon digunakan dalam urusan tidak resmi seperti pembicaraan sehari-hari. Kata Nippon dan Nihon berarti Negara Matahari Terbit. Nama ini berasal dari utusan resmi negara China, dan merujuk kepada kedudukan relatif Negara ini di pesisir lautan Pasifik di sebelah timur benua Asia.
Selain itu, berdasarkan legenda yang beredar, konon Negara Jepang diciptakan oleh Dewa Matahari, Kaisar Jepang adalah putra Dewa Matahari, dan bendera nasionalnya juga berasal dari legenda itu.

Atap Dunia (Tibet)

Tibet dijuluki sebagai atap dunia, karena daerahnya merupakan dataran tertinggi di bumi dengan ketinggian rata-rata 4.900 meter (16.000 kaki), termasuk dua puncak tertinggi, yakni Everest dan K2.

Negeri Paman Sam (Amerika Serikat)

AS medapatkan nama panggilannya 'Negeri Paman Sam' pada 7 September 1813. Nama ini berhubungan dengan Samuel Wilson, seorang pengemas daging asal New York. Ia menyuplai bertong-tong daging bagi tentara AS dalam Perang 1812. 
Wilson mencap tong-tong tersebut dengan 'US,' singkatan dari United States (Amerika Serikat) namun para tentara menganggapnya sebagai singkatan dari 'Uncle Sam (Paman Sam).' Koran lokal mengangkat cerita ini dan 'Paman Sam' mulai diterima sebagai panggilan pemerintahan federal AS.
Pada 1860-an dan 1870-an, kartunis politis Thomas Nast mulai mempopulerkan gambar Paman Sam. Nast mengembangkan gambar tersebut dengan memberikan Paman Sam janggut putih dan pakaian yang bermotifkan bintang dan garis. Nast juga-lah yang menciptakan citra Sinterklas dan gajah sebagai simbol Partai Republik. Pada September 1961 Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai cikal bakal symbol nasional Amerika. Wilson wafat di usia 88 tahun pada 1854 dan dimakamkan di Pemakaman Oakwood di Troy, New York. Kota itu mendapat sebutan 'Rumah Paman Sam.'

Negeri Ginseng (Korea Selatan)

Ginseng dalam bahasa Korea Selatan disebut dengan Insam. Keberadaan Ginseng hampir selalu mewarnai kehidupan masyarakat Korea Selatan. Di Korea Selatan, Ginseng atau Insam ini dibudidayakan sedemikian rupa sehingga banyak sekali jenisnya. Di pasar kebutuhan sehari-hari atau pasar tradisional, kita akan melihat berbagai jenis Ginseng Sayur. Ginseng Sayur ini bentuknya kecil-kecil dan memang digunakan untuk bahan sayur. Dan makanan yang mengandung Ginseng, di Korea Selatan antara lain Soup Ayam ginseng. Bahkan orang-orang tertentu di Korea Selatan, sering langsung mengunyah ginseng ini secara langsung, tidak perlu disayur.
Beberapa manfaat Ginseng di Korea Selatan antara lain, meningkatkan stamina tubuh supaya tidak kelelahan, memperbanyak mengeluarkan cairan dalam tubuh yang tidak diperlukan, mencegah iritasi dll.

Negeri Seribu Kuil (Nepal)

Julukan itu tidak berlebihan diberikan kepada Nepal. Di Lembah Kathmandu —di mana Kathmandu, ibu kota Nepal, berada— saja, setidaknya ada tujuh kompleks besar kuil Hindu atau Buddha berusia ribuan tahun. Dalam setiap kompleks kuil bisa ditemui puluhan atau bahkan ratusan candi, besar maupun kecil, yang dibangun oleh berbagai dinasti monarki yang berbeda yang pernah berkuasa di Nepal. Ketujuh kompleks kuil ini seluruhnya masuk situs warisan sejarah yang dilindungi Perserikatan Bangsa–Bangsa (UNESCO World Cultural Heritage Sites). Hebatnya, ketujuh kompleks besar kuil yang seluruhnya berada dalam radius 20 kilometer itu terawat dengan sangat baik dan hingga sekarang masih tetap digunakan sebagai tempat ibadah atau penyelenggaraan upacara atau festival keagamaan oleh masyarakat setempat.
Hal ini setidaknya terlihat dari masih dilestarikan dan dihormatinya kuil Kumarichwok atau Kumari ghar yang merupakan tempat tinggal Dewi Kumari, dewi yang sangat disegani oleh umat Hindu di Nepal.
Bagi turis asing, the living museum ini terasa semakin semarak dengan adanya berbagai festival dan ritual keagamaan yang silih berganti digelar sepanjang tahun nyaris tanpa jeda dengan ritual atau festival lain di negeri itu.
Di luar kompleks–kompleks candi besar tersebut, masih banyak kuil atau kumpulan kuil terpisah yang tersebar dan dengan mudah bisa ditemui hampir di setiap tempat dalam jarak yang tidak berjauhan di tengah permukiman penduduk.

The Black Country (Inggris)

Negara Inggris adalah merupakan negara industri maju di dunia dan merupakan sumber tulang punggung perekonomian negara tersebut. Pusat industri Inggris berada di Birmingham dan Sheffield. Udara di daerah tersebut selalu tampak hitam akibat tertutup oleh asap-asap industri yang sangat banyak, sehingga kawasan industri di Inggris sering disebut "The Black Country”

Negeri Seribu Danau (Finlandia)

Finlandia dikenal dengan sebutan negeri seribu danau karena memiliki 187.888 danau dan 60.000 diantaranya tergolong danau besar.

Negeri Maling Asia (Malaysia)

Sejarah membuktikan negara yang satu ini telah sukses mencuri Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan dari tetangganya. Selain itu, mereka juga terbukti berusaha mencuri kawasan dan budaya milik Negeri Zamrud Khatulistiwa seperti Perairan Ambalat, Lagu Rasa Sayange, Tari Pendet, Reog Ponorogo, Batik, Keris, Tari Piring, Angklung, Rendang Padang, dan masih banyak lagi, maka tidak heran jika Bapak Proklamator berteriak, GANYANG MALINGSIA!!!! 

Tirai Besi (Rusia)

Rusia adalah pecahan Uni Soviet dan beribukota di Moskow. Negara tempat Arshavin, Gorbachev, dan Vladimir Putin berasal itu dikenal demikian karena negara ini dulu terkenal dengan faham komunisnya dan memberlakukan konsep Tirai Besi.
Sejarah menyebutkan, konsep Tirai Besi yang diberlakukan melambangkan batas-batas ideologi dan fisik yang membagi Eropa ke dalam dua wilayah terpisah dari akhir Perang Dunia II pada 1945 hingga akhir Perang Dingin pada 1991. Di tiap sisi Tirai Besi, negara-negara membangun sekutu-sekutu militer dan ekonomi internasional masing-masing. Anggota terpenting di pihak timur adalah Uni Soviet sedangkan di pihak barat adalah Amerika Serikat.
Tirai Besi mengambil bentuk pertahanan perbatasan antara negara-negara Eropa Barat dan Eropa Timur, terutama Tembok Berlin, yang berperan sebagai lambang panjang Tirai secara keseluruhan. Selain itu, julukan ini disematkan karena negara ini terkenal sebagai negara industri yang maju.


The Gift of The Nile (Mesir)

Herodotus pernah menyebutkan bahwa "Mesir adalah hadiah sungai Nil” (Egypt is the gift of the Nile). Hal ini dikarenakan peranan sungai Nil begitu penting bagi lahirnya kehidupan masyarakat di lembah sungai tersebut. Sungai Nil selalu mengalir sepanjang tahun sekalipun musim panas. Air tersebut berasal dari gletsyer yang mencair dari pegunungan Kilimanjaro sebagai hulu sungai Nil. Namun, ada mitos yang menyebutkan bahwa air sungai yang mengalir terus tersebut adalah air mata Dewi Isis yang selalu sibuk menangis dan menyusuri sungai Nil untuk mencari jenazah puteranya yang gugur dalam pertempuran.

Anak Benua (India)

Secara geologis, negara India dan sebagian besar negara di wilayah Asia Selatan lainnya mempunyai lempeng tektonik sendiri, yaitu Lempeng India, yang terpisah dari bagian Eurasia lain dan dulunya merupakan benua kecil sebelum bertumbukan dengan Lempeng Eurasia. Bahkan hingga kini Lempeng India masih terus bergerak ke arah utara sehingga mengakibatkan pegunungan Himalaya semakin tinggi beberapa sentimeter setiap dasawarsa. Maka negara India di anggap sebagai anak benua. Selain itu, Asia Selatan juga merupakan tempat ditemukannya ciri-ciri geografis yang umumnya ditemukan di benua yang lebih luas, misalnya sungai es, hutan hujan, lembah, padang pasir, dan padang rumput di wilayah yang hanya setengah luas Amerika Serikat.

Negeri 1001 Malam (Irak)

Dulu wilayah Irak termasuk dalam kawasan Persia. Julukan "Negeri 1001 Malam” diambil dari kisah yang terjadi di Persia pada jaman dulu.
Alkisah, seorang sultan di daratan Persia bernama Raja Syahriyar, marah besar setelah menangkap basah istrinya tengah berselingkuh. Raja Syahriyar langsung memancung istrinya beserta laki-laki yang menjadi selingkuhannya.
Sejak saat itu, Raja Syahriar memerintahkan kepada Wazir (seorang perdana menteri) untuk mencari gadis untuk dinikahinya secara resmi kemudian esok sorenya dihukum pancung. Telah banyak wanita yang menjadi korban Raja Syahriyar.Hingga akhirnya, putri Wazir yaitu Syahrazad, dengan tanpa paksaan meminta untuk menikah dengan sang Raja Syahriyar.
Saat malam pertama, Syahrazad bercerita sebuah cerita kepada Raja Syahriyar. Namun ia tidak menyelesaikan ceritanya saat malam itu.Raja Syahriyar penasaran dengan cerita Syahrazad sehingga hukuman pancung pun ditunda agar bisa mendengar kelanjutan kisah Syahrazad.
Syahrazad bercerita terus tiap malam dan selalu berakhir menggantung (suspense). Cerita yang disampaikan Syahrazad selalu cerita dalam cerita sehingga meskipun satu cerita selesai bingkai ceritanya tak pernah selesai. Cerita-cerita yang dikisahkan Syahrazad adalah dongeng yang kita kenal seperti Aladdin dan Lampu Wasiat, Sinbad Sang Pelaut, Ali Baba, Harun Al-Rasyid dan Abunawas, dan sebagainya.
Akhirnya selama 1001 malam Syahrazad terbebas dari hukuman pancung –dan dunia pun mendapat 1001 cerita– dan Raja Syahriyar pun menarik hukuman tersebut, serta Syahrazad tetap dicintainya menjadi permaisuri dan rakyatnya terutama para gadis yang merasa selamat dari aturan raja yang mengerikan tersebut.

Negeri Kangguru (Australia)

Kanguru atau kangguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia). Hewan ini termasuk hewan khas Australia. Kata kanguru diambil dari bahasa Aborigin gangguru. Ada beberapa spesies kangguru yang hidup di New Guinea dan Pulau Papua Indonesia. Namun keberadaan satwa ini di luar Asutralia jumlahnya tidak seberapa dan populasi terbesar berada di negara Australia.

Negeri Kiwi (Selandia Baru)

Burung kiwi adalah salah satu burung yang tidak bisa terbang. Daerah persebaran alaminya terbatas hanya di Selandia Baru. Burung ini terdapat dalam tiga spesies, Apteryx australis terdapat di tiga pulau utama Selandia Baru. Sementara Apteryx oweni dan Apteryx haasti hanya terdapat di pulau Selatan saja.

Negeri Matador (Spanyol)

Secara harafiah, matador berarti pembunuh. Namun dalam budaya Spanyol, matador adalah sebuah pertunjukkan pertarungan manusia melawan banteng yang terkenal di Spanyol dan di negara-negara berbahasa Spanyol lainnya. Orang yang diadu dengan banteng dalam pertunjukkan matador siebut torero. Seorang torero berperan mempermainkan dan pada akhirnya membunuh banteng tersebut. Hanya seorang torero yang sangat ahli yang dapat naik tingkat sebagai seorang matador dalam sebuah pertarungan melawan banteng yang disebut alternativa.

Sumber: Ayo Sekolah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar